EN ID

Pemudik Meningkat 8,1%

30 Jul 2014

Back to List


BALIKPAPAN - Jumlah arus mudik di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan pada H-2 hingga H-1 Lebaran mengalami peningkatan dari periode yang sama tahun lalu. Namun, dikatakan Asisten Manager SIM, Tapor, dan Humas Angkasa Pura Airports Cabang Bandara Sepinggan, Awaludin, bahwa saat hari H Lebaran, jumlah trafik penumpang mengalami peningkatan hanya 8,1 persen. Menurut pantauan Kaltim Post, baik di terminal kedatangan maupun keberangkatan Bandara Sepinggan Balikpapan, jumlah trafik penumpang memang tak sebanyak H-1 ataupun H-2 Lebaran. Kendati demikian, sejumlah masyarakat Balikpapan masih memanfaatkan momen H+1 untuk mudik ke kampung halaman.
 
"Tiga hari lalu trafik penumpang pesawat Bandara Sepinggan mencapai 15.600-an orang, naik 15 persen dibandingkan tahun lalu. Sementara H-1 jumlah trafik terdapat kenaikan 18 persen. Namun saat Lebaran jumlah penumpang mengalami penurunan dibanding tiga hari lalu. Akan tetapi jika dibandingkan tahun lalu mengalami peningkatan sebesar 8,1 persen," terangnya saat dihubungi Kaltim Post, kemarin (29/7)
 
Dia menambahkan, Angkasa Pura Airports memperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada H+4 dan H+5 Lebaran. Karena menurutnya, cuti bersama berakhir pada Senin (4/8) mendatang. "Estimasi puncak arus balik tanggal 2 dan 3 Agustus 2014, karena hari Senin masyarakat sudah kembali bekerja," tambahnya. Untuk mengantisipasi terjadi lonjakan saat arus mudik, pihak Angkasa Pura I sudah bergerak mempersiapkan segala hal sejak H-10 lebaran lalu. Termasuk pendirian posko pemantauan arus mudik di tiga titik, yaitu di terminal keberangkatan, terminal kedatangan, dan di area outdoor terminal lama.

"Posko ini akan tetap bertugas sampai H+15 lebaran. Dari segi Keamanan pun juga kami tingkatkan menyambut arus balik penumpang di Bandara Sepinggan ini," tutupnya. Namun demikian dipastikan bandara tak lagi disesaki penumpang dengan digunakannya terminal baru yang memiliki kapasita yang jauh lebih besar, lebih canggih dan lebih nyaman. [Pardika Dewi RS/Sumber: Kaltim Post]

Up