EN ID

Dahlan Iskan: Meski Sakit, Tommy Salah Satu Bos BUMN Terbaik

18 Mar 2014

Back to List


JAKARTA - Tommy Soetomo saat ini menjabat sebagai President Director Angkasa Pura Airports. Menurut Menteri BUMN Dahlan Iskan, Tommy masuk ke dalam jajaran Chief Executive Officer (CEO) alias direktur utama (dirut) BUMN terbaik.

Meski berada dalam kondisi fisik kurang baik, Tommy mampu menunjukkan kinerja cemerlang di bidang kebandarudaraan, seperti membangun The New Ngurah Rai Airport dan The New Sepinggan Airport.

"Pak Tommy hebat sekali. Dia termasuk salah satu CEO BUMN terbaik dan sangat diperlukan," kata Dahlan saat berbincang di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (18/3).

Diakui Dahlan, Tommy baru saya selesai menjalankan transplantasi ginjal. Padahal sebelum transplantasi ginjal, Tommy juga pernah melakukan operasi ganti hati seperti dirinya.

Meski kondisi pasca operasi ginjal berangsur-angsur membaik, Tommy menurut Dahlan, selalu mendesak ingin berkantor.

"Sekarang dia sudah ngantor. Cuma saya larang dia ke luar kota dan naik pesawat, naik kereta api. Saya masih minta dia di kantor pusat saja. Itu pun dengan berbagai persyaratan. Misal kebersihan kantornya harus lebih bersih," sebutnya.

Bahkan ia sempat memperoleh laporan dari anak buah Tommy, kabarnya Tommy meminta agar bisa segera masuk kantor pasca operasi padahal kondisi tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan pasien transplantasi ginjal. Alhasil, Dahlan melarang keras Tommy berkantor selagi kondisi belum memungkinkan pasca operasi.

"Saya sebagai menteri melarang Anda masuk kantor. Sampai dapat izin dari saya Anda boleh ke kantor. Itupun setelah saya tengok Anda dan tahu kondisi Anda," sebutnya.

Tommy sendiri masuk jajaran Dirut BUMN terbaik versi Dahlan. Setidaknya ada tiga Dirut BUMN terbaik yang dipajang di dinding ruangan kerja Menteri BUMN lantai 19. Bos BUMN tersebut antara lain Dirut Angkasa Pura Airports Tommy Soetomo, Dirut KAI Ignasius Jonan, dan Dirut Pelindo II RJ Lino. "Di dinding ada tiga direksi yang hebat dan saya pajang. Ada pak Tommy, Pak Jonan, dan Pak Lino," ujarnya.

Saat dikonfirmasi detikFinance, Tommy mengaku sudah kembali bekerja. "Saya sedang belajar ngantor 3-4 jam sehari," kata Tommy. [Diani Sekaring Sejati]

Sumber: detik.com

Up