EN ID

Arus Balik Juanda Capai Puncak pada H+9

21 Aug 2013

Back to List


SURABAYA - Gelombang arus balik di Bandara Internasional Juanda mencapai puncak pada H+9 atau Minggu (18/8) yang mencapai 57.200 penumpang dalam satu hari. General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Trikora Harjo mengatakan, pada angkutan Lebaran tahun ini cukup panjang sehingga terjadi dua kali gelombang arus balik.

“Puncak arus balik pertama pada 11 Agustus lalu, dan gelombang kedua terjadi 18 Agustus kemarin. Arus balik menjadi lebih panjang karena disebabkan cuti bersama yang berakhir 11 Agustus, dan arus balik kedua karena masuk sekolah yang jatuh pada 19 Agustus,” urai Trikora Harjo (19/8).

Padahal, lanjut Trikora, pihaknya memperkirakan puncak arus balik hanya terjadi sekali pada 11 Agustus. Seperti yang terjadi pada arus balik tahun lalu yang hanya terjadi hingga hari ketujuh pascalebaran. Trikora menegaskan bila arus mudik tahun ini mendorong volume penumpang yang ratarata per harinya mencapai 60.000 penumpang.

Sementara pada arus balik rata-rata hanya 48.900 per hari. Jumlah itu dihitung mulai dari H-7 hingga satu hari jelang Lebaran. Data lain yang dirangkum pada akhir pekan kemarin juga mencatat 399 pesawat. Sementara penumpang domestik masih mendominasi dengan 50.884 ditambah penerbangan domestik 357. Sedangkan penumpang internasional mencapai 6.316 dengan jumlah penerbangan 42 armada.

Melonjaknya volume penumpang sepanjang angkutan Lebaran 2013 ini, Trikora mengatakan telah menyiapkan antisipasi pada 2014 mendatang. “Salah satunya dengan segera menyiapkan Terminal 2 (T2), yang kami harapkan November nanti sudah bisa dipakai,” ujar Trikora. Dengan adanya dua terminal, diharapkan tidak terjadi konsentrasi penumpang disatu titik. Dimana penumpang domestik tetap berada di Terminal Lama atau Terminal Satu, sedangkan untuk penumpang internasional di T2 bersama penumpang Garuda. [Arif Haryanto/Sumber: Radar Surabaya]

Up