EN ID

Ada 123 Penerbangan Tambahan di Bandara Adisutjipto

31 Jul 2013

Back to List


YOGYAKARTA - Pada mudik dan balik lebaran tahun ini, akan terdapat 123 penerbangan tambahan (extra flight) di Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta. Hal itu seiring dengan pengajuan penerbangan tambahan dari berbagai maskapai dari tanggal 1 hingga 18 Agustus 2013 mendatang.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Agus Adriyanto mengungkapkan saat ini ada lima maskapai yang memiliki izin menambah jadwal penerbangan, yaitu Garuda Indonesia, Citilink, Merpati, Lion Air , dan Ekspressair. "Bisa jadi nanti ada maskapai yang mengajukan lagi, tapi yang pasti akan kami koordinasikan dengan pihak TNI-AU," jelas Agus disela acara buka bersama di New Saphir Hotel, Senin (29/7).

Untuk jadwal reguler, Bandara Internasional Adisutjipto mencapai 124 penerbangan per harinya. Dengan adanya penambahan jadwal penerbangan tersebut, otomatis juga berpengaruh terhadap jumlah penumpang yang datang. Pihaknya memprediksi selama arus mudik dan balik lebaran tahun ini terjadi peningkatan hingga 13 persen dibandingkan tahun lalu. "Jumlah penumpang bisa mencapai 11 ribu, dari rata-rata pada hari biasa mencapai sembilan ribu penumpang,” katanya.

Agus mengungkapkan sebagai antisipasi sudah berkoordinasi dengan TNI-AU, terkait untuk penataan parkir dan kenyamanan penumpang selama di bandara. Selain itu juga dengan menambah jumlah personel yang bertugas dengan membuka posko dan tenda. ”Operasional bandara juga diperpanjang hingga pukul 23.00 WIB,” terangnya.

Menurut catatan pihak Bandara Internasional Adisutjipto, hingga saat ini maskapai Garuda Indonesia telah mengantongi ijin jadwal penerbangan tambahan sebanyak sembilan flight mulai 4 hingga 15 Agustus untuk rute Jakarta-Yogyakarta-Jakarta. Sementara Citilink menambah jadwal penerbangan pada 1 sampai 9 Agustus 2013 sebanyak 60 flight untuk rute Jakarta-Yogyakarta-Jakarta dan Balikpapan-Yogyakarta-Balikpapan. Lion Air menambah jadwal pada 28 Juli hingga 19 Agustus 2013 sebanyak 37 flight untuk rute Jakarta-Yogyakarta-Jakarta. Sedangkan Merpati menambah jadwal pada 10 Agustus sebanyak 1 penerbangan untuk rute Bandung-Yogyakarta-Bandung. Expressair juga menambah jadwal penerbangan pada 1 sampai 15 Agustus sebanyak 15 flight untuk rute Pontianak-Yogyakarta-Pontianak. [Arif Haryanto/Sumber: Radar Jogja]


Up