EN ID

Waspada Penipuan Berkedok Lowongan Pekerjaan Bandara Kulonprogo

09 May 2017

Kembali ke List


Jakarta, 10 Mei 2017 – Dewasa ini, marak beredar modus penipuan berkedok lowongan pekerjaan Bandara Kulonprogo, Yogyakarta. Informasi tersebut beredar melalui e-mail dan whatsapp, dan berbunyi sebagai berikut:

##ayooo yg punya anak, saudara, adik, tetangga suruh pd nglamar bandara jogja yg baru...

Di Buka Lowongan Kerja

PT.Angkasa Pura Airports Kulon Progo

(Perusahaan pengelola bandar udara)...

 

Di Butuhkan Karyawan/ti untuk Mengisi Posisi :

• Aviation Security Officer

• Fly Security

• Fire Fighting Officer

• Apron Movement

• Controller/Avia Bridge

• Air Traffic Controller… dst.

Modusnya, pelaku menginformasikan adanya lowongan pekerjaan dengan mencantumkan alamat e-mail gratis (gmail atau yahoo) seperti rekrutmen.angkasapura1@gmail.com,  angkasapura1jogja@gmail.com, recrutment.angkasapura1@gmail.com, www.angkasapura1@gmail.com, infoangkasapura1@yahoo.com sebagai alamat pengiriman lamaran.

Selanjutnya, pelaku akan menghubungi calon pelamar, yang menginformasikan bahwa calon pelamar harus mengikuti tes. Alamat lokasi tes yang dipakai juga palsu, sedangkan tesnya sendiri pun nantinya tidak akan pernah diadakan. Di email tersebut juga disebutkan bahwa calon pelamar harus melakukan reservasi tiket pesawat/hotel kepada biro travel (fiktif). Dari sinilah penipu tersebut mengeruk keuntungan, yaitu dari uang yang ditransfer oleh calon pelamar untuk memesan tiket pesawat/hotel.   

“Pengumuman rekrutmen PT Angkasa Pura I (Persero) tidak pernah dilakukan melalui e-mail, dan tidak dipungut biaya apapun,” terang Israwadi, Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero). “Pengumuman rekrutmen  diumumkan melalui media massa nasional dan website korporat. Kami tidak pernah bekerjasama dengan biro travel apapun dalam hal rekrutmen karyawan. Untuk Bandara Kulonprogo pada saat ini juga belum dilakukan proses rekrutmen karyawan,” lanjutnya.

PT Angkasa Pura I (Persero) akan melaporkan segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan perusahaan. Masyarakat dimohon agar selalu waspada, dan melakukan konfirmasi mengenai informasi rekrutmen melalui Contact Center Bandara 172 di nomor telepon 172. [DSS]

Keatas