EN ID

Trikora Harjo: "Tidak Hanya Kebanggaan, Tetapi Juga Pelecut untuk Maju"

03 Apr 2013

Kembali ke List


SURABAYA - Setelah dua kalinya berturut-turut menjadi Bandara Juanda sebagai bandara terbaik nasional, Bandara Internasional Juanda kembali menyabet penghargaan. Tetapi penghargaan kali ini sebagai bandara terbaik di tingkat ASEAN. Penghargaan itu diterima langsung General Manager Bandara Internasional Juanda, Trikora Harjo di Pulau Langkawi, Malaysia, Jumat (29/3/2013) .

Ketika ditemu pada Senin (1/4), Trikora menjelaskan, penghargaan yang diterima Bandara Internasional Juanda itu adalah ASEAN Airport of The Year pada ajang ASEAN Commercial Aviation Award untuk sebagai kategori bandara dengan penumpang di bawah 20 juta per tahun. "Ada dua kategori, yaitu kategori dengan penumpang di atas 20 juta per tahun, yang diraih oleh Bandara Internasional Changi, Singapura. Sedangkan kategori dengan penumpang di bawah 20 juta per tahun, kita yang dapat," jelas Trikora.

Lebih lanjut, Trikora menjelaskan penghargaan ini diberikan di ajang Langkawi International Maritim Aviation Exhibition (LIMA) 2013 yang digelar tiap dua tahun sekali.

Selain penghargaan pada bandara, juga diberikan penghargaan kepada maskapai penerbangan dan perusahaan pelayanan kebandaraan. LIMA 2013 kali ini merupakan penyelenggaraan ke-13 yang digelar oleh Departemen Perhubungan Malaysia, yang bekerjasama dengan lembaga konsultan Frost and Sullivan. Mereka memberikan penilaian secara tertutup (mistery guest). Untuk penilaiannya, jelas Trikora, meliputi pelayanan, keamanan, peningkatan jumlah penumpang, dan leadership. "Leadership ini meliputi konsistensi yang berjalan baik selama tiga tahun berturut-turut," kata Trikora.

Lebih lanjut, pertumbuhan yang ditunjukkan oleh sebuah bandara bisa mencapai antara 5 hingga 10 persen. Tapi Bandara Internasional Juanda mampu mencapai pertumbuhan hingga 19 persen.

Dengan penghargaan ini, Trikora menyebutkan tidak hanya memberikan rasa kebanggaan, tapi juga menjadi pelecut untuk maju sekaligus tekad untuk bisa mempertahankan prestasi ini.

"Memang sulit untuk mempertahankan, tetapi kita harus bisa," tandas Trikora.

Di ajang LIMA 2013, Bandara Internasional Juanda berhasil menyisihkan nominator lain, yaitu bandara di negara-negara ASEAN seperti Bandara Penang dan Kinabalu, Malaysia, serta bandara di Filipina dan Thailand. [Sumber: Surya Online]

Keatas