EN ID

Sinergi BUMN, Angkasa Pura Airports dan Bank BNI Kerja Sama Implementasi Host to Host (H2H)

26 Dec 2018

Kembali ke List


JAKARTA - Angkasa Pura Airports dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI bekerja sama dengan dalam implementasi Host to Host (H2H) pembayaran tagihan melalui Virtual Account (VA) dan penggunaan VA Debit atau Debit Kredit. Layanan ini meliputi penyediaan H2H untuk pembayaran dari mitra Angkasa Pura Airports terkait tenan dan kargo, serta VA Debit Kredit digunakan untuk operasionalnya. 

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Penerimaan Pembayaran Tagihan Host to Host melalui VA dan Penggunaan VA Debit/Debit-Kredit, antara Adi Sulistyowati, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, dengan Novrihandri, Direktur Keuangan Angkasa Pura Airports  di kantor BNI, Jakarta, Rabu  (26 Desember 2018).

BNI memberikan solusi Pembayaran tagihan host to host untuk memberikan kemudahan pembayaran bagi pengguna jasa aero dan non aero di seluruh bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura Airports. Berbagai channel BNI seperti Cabang, Internet Banking, bahkan dari bank lain menggunakan Kliring dan RTGS dapat digunakan untuk memanfaatkan fasilitas H2H tersebut.

BNI juga nmengembangkan solusi khusus virtual account debit/kredit untuk meningkatkan kontrol biaya operasional bagi Angkasa Pura Airports. Selain itu BNI dan Angkasa Pura Airports juga mengembangkan Virtual Account Debit khusus Logistik di Terminal Kargo Angkasa Pura Airports untuk mencegah adanya risiko penyalahgunaan uang tunai, menawarkan nilai tambah bagi mitra, pengirim barang dan pengguna jasa, sekaligus menghasilkan pengelolaan keuangan yang lebih terpadu, efektif dan efisien antar aAngkasa Pura Airports Group.

Dengan pertumbuhan bisnis Angkasa Pura Airports ini Adi Sulistyowati mengatakan bahwa BNI memberikan dukungan penuh untuk bisnis Angkasa Pura I Group dalam mewujudkan cashless dan digital airport yang dimulai dari Angkasa Pura Logistik. Fasilitas ini mulai diterapkan di 5 bandara besar seperti Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Sam Ratulangi Manado.

“Penandatanganan kerja sama ini merupakan salah satu implementasi Sinergi BUMN antara Angkasa Pura Airports dengan BNI. Melalui sinergi ini kami berharap BNI dapat senantiasa mendukung dan memberikan kemudahan dalam memonitor aktivitas bisnis perusahaan dan mitra usaha dalam pelayanan & transaksi perbankan khususnya melalui channel BNI & layanan Host to Host Virtual Account,” ujar Direktur Keuangan Angkasa Pura Airports, Novrihandri.

Angkasa Pura Airports sebagai pengelola bandara saat ini sedang gencar melakukan pembangunan dan pengembangan bandara-bandara sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa. “Pengembangan sistem cash management di Angkasa Pura Airports dalam penerimaan dan pembayaran dengan BNI akan mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas keuangan serta meningkatkan kualitas layanan di 13 bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura Airports,” tambah Novrihandri. [AD]

 

Keatas