EN ID

Penandatanganan Kerjasama Komersial Bandara Internasional Sepinggan

26 Nov 2013

Kembali ke List


JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) menandatangani perjanjian kerjasama dengan 17 perusahaan yang akan beroperasi di area komersial Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan. Penandatanganan yang dilakukan oleh President Director Angkasa Pura Airports Tommy Soetomo dan perwakilan 17 perusahaan yang bergerak dalam bidang food and beverages dan retail tersebut berlangsung di Hotel Four Season, Jakarta, Selasa (26/11).

"Pertumbuhan jumlah penumpang penerbangan di tanah air sangat tinggi, dan kenaikan tersebut harus diantisipasi dengan melakukan pengembangan bandara. Salah satu bandara Angkasa Pura Airports yang dikembangkan adalah Bandara Internasional Sepinggan, dengan investasi sebesar Rp 1,9 triliun dan direncanakan rampung di awal tahun 2014. Mereka yang hadir kali ini adalah para pemenang tender untuk area komersial di terminal baru Bandara Sepinggan yang akan mengisi 40% dari seluruh area komersial yang ada," ujar Tommy Soetomo.

Proses tender yang diterapkan untuk Bandara Sepinggan ini juga menggunakan konsep tender area komersial yang sebelumnya dipakai Angkasa Pura Airports untuk area komersial di Terminal Baru Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali dan Terminal 2 (T2) Bandara Internasional Juanda Surabaya. "Proses tender yang menerapkan business process yang terbuka, transparan, serta dilakukan sesuai dengan best practice tender internasional ini telah terbukti memberikan kontribusi yang sangat signifikan bagi pendapatan non-aeronautika Angkasa Pura Airports," ujar Tommy Soetomo.

Dengan pola tender dan sistem kerjasama yang dilakukan oleh Angkasa Pura Airports untuk terminal baru Bandara Internasional Sepinggan ini, pendapatan non-aeronautika dari bandara ini tercatat meningkat 425% dibandingkan pendapatan tahun 2012 lalu. "Untuk sewa area komersial Bandara Sepinggan yang terdiri dari food & beverages, retail, dan lounge pada tahun pertama ini mencapai nilai Rp 63 miliar. Tahun 2012, tercatat hanya membukukan pendapatan sebesar Rp 12 miliar," imbuh Business Development Group Head Angkasa Pura Airports Novri Handri, yang juga menjabat Ketua Panitia Tender Terminal Baru Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan.

Terminal baru bandara ini dikembangkan dengan konsep bisnis yang menggabungkan antara pusat perbelanjaan dengan simpul multi moda transportasi. "Bersama dengan para mitra usaha, kami berinisiatif untuk membangun butik mal pertama di bandara, dimana konsep ini merupakan yang pertama kali ada di Indonesia. Hal ini untuk memberikan pengalaman berbelanja dan lifestyle yang berbeda bagi para pengunjung bandara," ujar Novri. [Arif Haryanto]

Keatas