EN ID

Kurangi Bising, Bandara Juanda Hapus Boarding Call

30 May 2014

Kembali ke List


SIDOARJO -  Berbagai perubahan dimatangkan Angkasa Pura Airports untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jasa bandara. Salah satunya meniadakan boarding call atau pengumuman untuk naik pesawat melalui pengeras suara. Langkah bertahap dilakukan untuk mengurangi tingkat kebisingan yang bisa mengganggu penumpang saat hendak terbang dari terminal utara (T1) maupun terminal selatan (T2).

Sebagai solusi atau pengganti pengumuman, pengelola bandara memperbanyak monitor televisi dengan tayangan teks berjalan (running text) hingga hitungan waktu mundur (countdown timer) jadwal keberangkan pesawat. "Penggunaan running text dengan silent mouth mengadopsi cara di Incheon Airport, Seoul, Korea Selatan," ungkap Communication and Legal Assistant Manager Bandara Juanda Andrias Yustinian Kamis (29/5).

Selama ini pengumuman waktu keberangkatan maskapai penerbangan menggunakan pengeras suara. Boarding call berbunyi hampir setiap menit. Pengumuman yang menginformasikan kepada calon penumpang itu berbunyi nyaring di hampir segala penjuru terminal. Monitor televisi berisi running text dipasang di beberapa tempat strategis. Di antaranya, lobi utama, lounge internasional, food court, dan sejumlah area lain. Jajarannya juga mengimbau calon penumpang yang sudah memproses check-in agar selalu memperhatikan waktu tunggu dan nomor gate yang tertera di boarding pass.

Imbauan itu sekaligus sebagai edukasi kepada pangguna jasa bandara supaya lebih proaktif. Selain memastikan waktu keberangkatan di boarding pass, mereka bisa mencocokkan jam yang terpampang di flight information display system. ’"Kami terus menyosialisasikannya dengan memasang banner," imbuhnya. [Diani Sekaring Sejati/Sumber: JPNN]

Keatas