EN ID

Kementerian BUMN dan Aviata Angkat Kembali Lukman F. Laisa sebagai Direktur Teknik Angkasa Pura Airports

10 Mar 2023

Kembali ke List


Kementerian Badan Usaha Milik Negara (Kementerian BUMN) dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau PT Aviata selaku pemegang saham Angkasa Pura Airports mengangkat kembali Lukman F. Laisa sebagai Direktur Teknik Angkasa Pura Airports. Pengangkatan kembali anggota Direksi tersebut dilaksanakan melalui Serah Terima Keputusan Menteri BUMN dan Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) secara online pada Jumat (10/03) siang.

Lukman F. Laisa diangkat kembali sebagai Direktur Teknik Angkasa Pura Airports, setelah sebelumnya telah menjabat sejak 5 Maret 2018 dan menyelesaikan masa jabatannya pada 5 Maret 2023. Pengangkatan kembali Lukman F. Laisa sebagai Direktur Teknik Angkasa Pura Airports didasarkan atas Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Aviasi Pariwisata Indonesia Selaku Para Pemegang Saham PT Angkasa Pura I Nomor SK-048/MBU/03/2023 dan Nomor KEP.INJ.03.03/23/03/2023/A.0049 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Direksi PT Angkasa Pura I.

Penyerahan salinan keputusan tersebut dilaksanakan secara virtual oleh Direktur SDM dan Digital PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), serta dihadiri oleh Pelaksana Tugas Asisten Deputi Bidang Jasa Pariwisata dan Pendukung Kementerian BUMN Endra Gunawan, Komisaris Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) Triawan Munaf, Komisaris PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) Wihana Kirana Jaya, serta jajaran Komisaris dan Direksi Angkasa Pura Airports.

Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi menyatakan optimisme atas pengangkatan kembali Lukman F. Laisa sebagai Direktur Teknik perusahaan. "Selama lima tahun ke belakang, Bapak Lukman F. Laisa menjadi sosok yang sangat penting bagi perusahaan, utamanya dalam penyusunan rencana strategis bandara, pengelolaan bidang teknis kebandarudaraan, pengembangan infrastruktur, serta pemeliharaan bandara. Di bawah kepemimpinannya di Direktorat Teknik, Angkasa Pura Airports menyelesaikan banyak pengembangan infrastruktur bandara untuk mendukung pariwisata dan event kenegaraan berskala nasional dan internasional, serta untuk mengatasi permasalahan utama bandara yang kami kelola, yakni lack of capacity. Di periode kedua menjabat, kami optimistis melalui tangan dingin dan ekspertis Bapak Lukman di bidang teknik kebandarudaraan, dapat semakin membawa perusahaan ke arah yang lebih baik," ucap Faik Fahmi.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas Asisten Deputi Bidang Jasa Pariwisata dan Pendukung Kementerian BUMN Endra Gunawan menyatakan harapan atas pengangkatan kembali Lukman F. Laisa sebagai Direktur Teknik Angkasa Pura Airports. "Tantangan ke depan cukup kompleks, di mana setelah pandemi Covid-19, ada harapan baik dari para pengguna jasa maupun stakeholders untuk meningkatkan pelayanan terutama kesiapan sarana dan prasarana di bandara Angkasa Pura Airports. Saya yakin Pak Lukman sudah sangat memahami bagaimana caranya untuk dapat mewujudkan apa yang menjadi harapan para pengguna jasa bandara maupun para stakeholders yang ada," ujar Endra Gunawan.  

Sebelum mengemban amanah sebagai Direktur Teknik Angkasa Pura Airports, Lukman F. Laisa merupakan pejabat karir di Kementerian Perhubungan serta telah banyak dipercaya untuk mengemban berbagai jabatan strategis, di antaranya adalah Kepala Seksi Program dan Standardisasi Prasarana Bandar Udara Direktorat Bandar Udara Kementerian Perhubungan (2010-2013), Kepala Bidang P2B Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III Surabaya (2014-2015), Kepala Bagian Perencanaan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (2014-2015), Kepala Bandara Wamena Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (2015), Direktur Teknik Perum LPPNPI (Airnav Indonesia) (2015-2017), dan Kepala Sub Direktorat Kerjasama Angkutan Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (2017-2018).

Adapun susunan Direksi Angkasa Pura Airports adalah sebagai berikut:
1. Direktur Utama: Faik Fahmi
2. Direktur Operasi: Wendo Asrul Rose
3. Direktur Teknik: Lukman F. Laisa
4. Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko: Yudi Rizkyardie Darun
5. Direktur Human Capital: Israwadi
6. Direktur Komersial dan Pelayanan: Dendi Tegar Danianto.

Keatas