EN ID

Jelang Arus Mudik, Tiga Maskapai di Bandara Hasanuddin Ajukan Extra-Flight

17 Jul 2014

Kembali ke List


MAKASSAR - Angkasa Pura Airports Cabang Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, menyebut ada tiga maksapai yang telah mengajukan izin penerbangan tambahan (extra-flight) selama musim mudik dan balik Lebaran 2014. Tiga maskapai tersebut yakni Sriwijaya Air, Garuda Indonesia Airlines (GIA), dan Lion Air. "GIA sendiri meminta lebih dari sepuluh penerbangan. Rencananya extra-flight akan dimulai pada H-7 Lebaran atau 21 Juli mendatang," kata General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Rachman Syafrie, kepada wartawan, Rabu (16/7/2014).

Rachman menuturkan, di samping ketiga maskapai itu ada juga beberapa maskapai lain yang sudah menambah penerbangan. Extra-flight tersebut bersifat insidensial bukan khusus di jalur mudik. Menurut dia, khusus penerbangan jalur mudik diberlakukan selama 14 hari mulai H-7 hingga H+7 Lebaran. "Extra-flight Lebaran antara lain meliputi rute Ujung Pandang-Yogyakarta, Yogyakarta-Ujung Pandang, Ujung Pandang-Surabaya, Ujung Pandang-Balikpapan," ucap Rachman.

Diuraikannya, rute yang paling banyak ditambah tiap tahunnya ialah tujuan ke Surabaya. Untuk tahun ini, diperkirakan terjadi penurunan penumpang mudik akibat dua maskapai berhenti beroperasi. "Kita ketahui memang saat ini ada penurunan frekuensi penerbangan yang tentunya juga diikuti penurunan jumlah penumpang. Penyebabnya karena Merpati Airlines tutup. Sedangkan Air Asia juga mengurangi frekuensi penerbangan karena maskapai itu lebih konsentrasi melayani rute internasional," ujar Rachman.

Pihaknya juga mendirikan Posko Angkutan Udara Lebaran untuk para pengunjung bandara. Tim Satgas Posko Terpadu akan beroperasi selama 24 jam, mulai 21 Juli sampai 5 Agustus 2014. Selain itu, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menerapkan pola silent-airport yang sudah berjalan dengan baik. [Diani Sekaring Sejati/Sumber: Okezone)

Keatas