EN ID

H-2 Natal, Trafik Penumpang di Bandara Angkasa Pura Airports Capai 123.519 Orang

24 Dec 2020

Kembali ke List


JAKARTA -  Trafik penumpang di 15 bandara Angkasa Pura Airports pada 23 Desember 2020 (H-2 Natal) mencapai 123.519 orang, tertinggi sejak hari pertama pelaksanaan Posko Angkutan Nataru pada 18 Desember 2020 lalu. Sedangkan trafik pesawat pada H-2 Natal mencapai 1.453 pergerakan dan trafik kargo mencapai 1.439.353 kg. 

Pada H-2 Natal, trafik penumpang tertinggi terjadi di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar  dengan trafik sebesar 25.685 orang, diikuti dengan trafik penumpang di Bandara Juanda Surabaya yang sebesar 25.676 orang, dan Bandara I Gusti Ngurah Bali dengan trafik penumpang yang sebesar 16.814 orang.

Adapun akumulasi trafik penumpang sejak hari pertama Posko Angkutan Nataru 18 Desember hingga 23 Desember sebesar 661.421 orang, turun 60,6 persen jika dibandingkan trafik penumpang pada periode yang sama tahun lalu yang sebesar 1.678.616 orang. 

Sedangkan akumulasi trafik pesawat periode 18 - 23 Desember 2020 mencapai 8.271 pergerakan, turun 34 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu yang sebesar 12.543 pergerakan.  Sementara trafik kargo pada periode 18-23 Desember 2020 justru mengalami pertumbuhan sebesar 7,89 persen menjadi 8.808.434 kg dari 8.164.396 kg pada periode yang sama tahun lalu.  

"Angkasa Pura Airports senantiasa memastikan kelancaran dan keamanan operasional pada masa angkutan libur Natal dan Tahun Baru di mana pada tahun ini Posko Angkutan Nataru menekankan pada penerapan protokol kesehatan yang ketat untuk meminimalisir penyebaran Covid-19," ujar Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi.

Himbau Calon Penumpang Lakukan Rapid Test Antigen H-1 Keberangkatan untuk Penerbangan yang Lebih Nyaman

Untuk mencegah terjadinya penumpukan antrean rapid test antigen dan proses verifikasi dokumen syarat penerbangan di bandara, Angkasa Pura Airports mengimbau calon penumpang pesawat udara untuk melakukan rapid test antigen H-1 sebelum keberangkatan sehingga proses keberangkatan pada hari keberangkatan dapat lebih nyaman tanpa waktu menunggu antrean yang cukup lama. 

Bagi calon penumpang, diingatkan pula untuk mengisi e-HAC di aplikasi mobile sebelum penerbangan untuk menghindari penumpukkan di antrean validasi bandara tujuan.  

Untuk mengantisipasi terjadinya lagi penumpukan antrean rapid test antigen di bandara, Angkasa Pura Airports senantiasa melakukan beberapa upaya perbaikan dari hari ke harinya yaitu:

  • Penambahan beberapa titik pemeriksaan tes Covid-19 di bandara untuk mengurai penumpukkan antrean periksa dan menunggu hasil tes.
  • Penambahan petugas bandara yang menangani antrean calon penumpang. 
  • Menyiapkan alur antrean pendaftaran tes Covid-19, antrean pembayaran, pengambilan sample, area tunggu pengambilan hasil yang disesuaikan dengan jumlah calon penumpang yang datang untuk tes Covid-19. Pengaturan flow ini dievaluasi setiap harinya. 
  • Menyiapkan kursi tambahan di area tunggu pengambilan hasil dan memberikan air mineral kepada calon penumpang yang menunggu hasil tes.
  • Berkoordinasi dengan airlines untuk membuka layanan khusus refund dan reschedule tiket dengan syarat calon penumpang menunjukkan hasil rapid antigen.
  • Untuk di bandara-bandara besar seperti Bandara Juanda Surabaya, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, sedang diupayakan untuk disiapkan layanan tes Covid-19 drive through di bandara agar konsentrasi antrean terpecah.

Keatas