EN ID

Duta Bandara 2016 Resmi Dikukuhkan Hari Ini

03 Jun 2016

Kembali ke List


BALI-  Setelah melalui proses pembekalan selama lima hari, 32 orang Duta Bandara 2016 resmi dikukuhkan hari ini, Jumat (3/6/2016), bertempat di Novotel Bali Airport, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. 

Dalam acara pengukuhan ini hadir antara lain Marketing & Business Director Angkasa Pura I Moch. Asrori, Finance & IT Director Director Angkasa Pura I Novrihandri, Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Yusfandri Gona, Komandan Pangkalan Udara TNI AU Ngurah Rai Kolonel Pnb Danet Hendriyanto, GM Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Trikora Harjo, serta GM Ngurah Rai Commercial SBU Ramdan Pradarma. 

Ke-32 Duta Bandara 2016 ini merupakan perwakilan dari bandara-bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero), yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (4 orang), Bandara Juanda Surabaya (4), Bandara Adisutjipto Yogyakarta (3), Bandara Ahmad Yani Semarang (3), Bandara Internasional Lombok (3), Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan (3), Bandara Sam Ratulangi (3), Bandara Sultan Hasanuddin (3), Bandara Adi Soemarmo Solo (2), Bandara Syamsudin Noor (2), Bandara El Tari Kupang (1), dan Bandara Pattimura Ambon (1). Bandara Frans Kaisiepo Biak yang tidak mengirimkan wakilnya di ajang ini. 

Dalam proses karantina ini, para Duta Bandara dibekali berbagai pengetahuan dan keahlian, seperti materi tentang etiket dan penampilan, teknik komunikasi dan public speaking, hospitality, kepedulian sosial, pariwisata dan kebudayaan, serta pengetahuan tentang narkoba. Peserta juga mendapatkan materi mengenai Angkasa Pura I dan kebandarudaraan, motivasi, team building, serta keahlian make-up dan hair do dari Tim Wardah sebagai salah satu sponsor ajang ini.

Proses pendaftaran Duta Bandara 2016 ini dimulai sejak 12 Mei 2016. Setelah itu, calon peserta harus melalui tahapan audisi yang diadakan di bandara masing-masing, berupa penilaian penampilan fisik, administrasi, tes tertulis, serta wawancara. Mereka yang terpilih inilah yang kemudian dikirim ke Bali untuk menjalani pembekalan dan inaugurasi, 30 Mei hingga 3 Juni 2016. Setelah dikukuhkan, para Duta Bandara ini akan ditempatkan di bandara masing-masing. 

"Duta Bandara ini akan bertugas untuk mempromosikan pariwisata, kebudayaan daerah, serta meningkatkan pelayanan di bandara. Kami yakin mereka akan mampu menjalankan tugas ini mengingat mereka telah berhasil lolos dari seleksi berdasarkan kriteria yang cukup ketat, diantaranya memiliki attitude yang baik, penguasaan Bahasa Inggris, serta memiliki wawasan yang baik mengenai kebandarudaraan dan dunia pariwisata," imbuh Farid.

Ajang Duta Bandara 2016 yang baru pertama kalinya digelar oleh Angkasa Pura I tahun ini bertujuan untuk mengumpulkan pemudi berpotensi dari seluruh bandara Angkasa Pura I. Di samping itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan di bandara sekaligus upaya mempromosikan potensi pariwisata dan kebudayaan, khususnya di Indonesia bagian timur, sesuai dengan wilayah kerja Angkasa Pura I. [humas AP I]

Keatas