EN ID

Dukung KTT ASEAN 2023, Angkasa Pura Airports Siapkan 36 Parking Stand di Empat Bandara

08 May 2023

Kembali ke List


Angkasa Pura Airports menyatakan kesiapan untuk mendukung penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang akan digelar di Labuan Bajo pada 9-11 Mei esok. 

Dukungan Angkasa Pura Airports untuk menyukseskan KTT ASEAN 2023 tersebut menyangkut kesiapan bandara untuk melayani kedatangan dan keberangkatan delegasi, infrastruktur bandara sebagai lokasi penempatan pesawat kepresidenan dan delegasi pendukung, dukungan personel di lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN, serta dukungan publikasi.

Untuk kebutuhan parking stand pesawat kepresidenan dan delegasi pendukung, Angkasa Pura Airports telah menyiapkan 18 parking stand khusus di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali untuk lokasi parkir pesawat selama penyelenggaraan KTT ASEAN 2023. Untuk contingency plan, Angkasa Pura Airports juga menyiapkan tiga bandara pendukung sebagai lokasi parkir pesawat jika diperlukan, yakni Bandara Internasional Lombok dengan 6 parking stand, Bandara El Tari Kupang dengan 4 parking stand, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 8 parking stand. Total, Angkasa Pura Airports menyiapkan 36 parking stand di empat bandara untuk melayani kebutuhan penempatan pesawat delegasi KTT ASEAN 2023.

"Angkasa Pura Airports siap untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan KTT ASEAN 2023 melalui dukungan infrastruktur bandara untuk melayani kedatangan dan keberangkatan delegasi peserta KTT, serta lokasi parkir pesawat para delegasi baik itu pesawat kepresidenan maupun delegasi pendukung. Secara khusus, kami telah menyiapkan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebagai bandara untuk penempatan pesawat delegasi. Kami juga menyiapkan 3 bandara lain, yakni Bandara Internasional Lombok, Bandara El Tari Kupang, dan Bandara Sultan Hasanuddin sebagai contingency plan lokasi penempatan pesawat jika diperlukan," ujar Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi.

Untuk bandara pendukung, Angkasa Pura Airports menyiapkan 6 parking stand di Bandara Internasional Lombok dengan konfigurasi 6 pesawat narrow body, 4 parking stand di Bandara El Tari Kupang dengan konfigurasi 2 pesawat narrow body dan 2 pesawat small body, dan 8 parking stand di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan konfigurasi 8 pesawat narrow body.

Untuk melayani kedatangan delegasi setingkat kepala negara dan/atau pemerintahan, Angkasa Pura Airports telah menyiapkan Gedung VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai yang dibangun dalam rangka KTT G20 Bali lalu. Sedangkan untuk delegasi setingkat menteri akan dilayani melalui Gedung VIP, delegasi biasa melalui terminal internasional, serta delegasi yang menggunakan penerbangan charter dan jet pribadi akan dilayani melalui General Aviation Terminal (GAT). 

"Selain dukungan infrastruktur bandara, kami juga secara khusus mengalokasikan beberapa personel untuk ditugaskan sementara di Bandara Labuan Bajo untuk dukungan operasional dan untuk membantu koordinasi pengaturan pesawat delegasi peserta KTT ASEAN 2023. Kami juga telah menayangkan konten publikasi di 192 titik media publikasi di bandara-bandara yang dikelola Angkasa Pura Airports untuk lebih meningkatkan awareness masyarakat umum dan pengguna jasa bandara mengenai penyelenggaraan KTT ASEAN," pungkas Faik Fahmi.

Keatas