EN ID

Bandara Seluruh Indonesia Harus Punya PKPPK

28 Aug 2014

Kembali ke List


SURABAYA - Operation Director Angkasa Pura Airports, Yushan Sayuti, menginstruksikan seluruh bandara di bawah naungan Angkasa Pura Airports harus memiliki tim Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadaman Kebakaran (PKPPK). Ada 13 bandara di Indonesdia saat ini,yakni Juanda, Bali, Makassar, Balikpapan, Lombok, Banjarmasin, Ambon, Biak, Solo, Jogjakarta, Semarang, Kupang dan Manado. Dari ke-13 bandara itu sudah pernah dilatih dalam hal yang sama.

Menurut Yusan pelatihan PKPPK sudah dilakukan sejak 2012 di Surabaya tepatnya di Pantai Situbondo bersama Marinir, 2013 di Balikpapan bekerja sama dengan Kantor Basarnas Balikpapan. "Sudah ada 100 penjaga bandara di sekitar laut. Sesuai aturan, bandara yang ada di dekat laut memiliki kewenangan tugas SAR. Punggawa-punggawa yang kami miliki adalah mengemban tugas mulia dan harus diembban dengan baik," tutur Yusan.

Pasca pelatihan ini, Yusan meminta agar tetap dijaga dan dipertahankan. Bila perlu Diklat ini digelar setiap tahun agar semua kru yang ada bisa mengikuti. "Memang telah ada SAR dan TNI AL tapi kalau kita memiliki sendiri kan enak," ucapnya. Tim yang sudah dilatih ini diharapkan siap siaga jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal tak diinginkan baik itu di laut atau darat. "Menolong orang adalah pangilan jiwa. Jadi jangan ragu-ragu untuk melakukan yang terbaik," tandasnya. [Pardika Dewi RS/Sumber: Tribunnews.com]

Keatas