EN ID

Bandara Juanda Jadi Contoh Toilet Bersih Bandara

14 May 2013

Kembali ke List


JAKARTA - Bersih atau tidaknya toilet bandara menentukan penilaian wisatawan terhadap sebuah negara atau kota. Dari seluruh bandara di Indonesia, Bandara Juanda di Surabaya jadi contoh model toilet bersih yang nyaman dan higienis.

"Sejauh ini role model toilet bersih bandara itu Bandara Juanda," tutur Naning S Adiwoso dari Asosiasi Toilet Indonesia, sebagai Ketua Dewan Juri Penghargaan Toilet Bersih di Bandara Nasional/Internasional saat konferensi pers di Lt 14 Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (14/5).

Naning menjelaskan, Bandara Internasional Juanda di Surabaya punya rating bintang 4 dalam kriteria toilet bersih. Layaknya hotel, rating toilet bersih pun dari angka 1-5, dari yang kotor sampai yang paling bersih dan nyaman.

"Kriterianya banyak. Sarana misalnya, harus dipastikan dalam setiap toilet itu ada tisu, tempat sampah, sabun, gantungan. Kuncinya berfungsi atau tidak, flush-nya berfungsi atau tidak," tambahnya.

Bandara Internasional Juanda juga jadi salah satu bandara yang dilombakan dalam Penghargaan Toilet Umum Bersih di Bandara Nasional/ Internasional se-Indonesia. Ada 19 bandara lain rekomendasi Kementerian Perhubungan yang masuk dalam nominasi.

Ini adalah tahun ke-4 penghargaan tersebut diselenggarakan. Menurut Naning, terlihat peningkatan yang cukup signifikan dari beberapa bandara yang telah dinilai sebelumnya.

"Dulu waktu pertama masih ada toilet bandara yang bintang 1. Sekarang udah nggak ada, adanya bintang 2 sampai bintang 4. Ya, Bandara Juanda," katanya. [Sumber: Detik.com]

Keatas