EN ID

Bandara Baru Yogyakarta Dipercepat

21 Aug 2013

Kembali ke List


YOGYAKARTA - Pemerintah Daerah (Pemda) DIY bakal menggandeng Kabupaten Kulonprogo dalam tim khusus percepatan pembangunan bandara baru di Kulonprogo yang sedang digodok 2013 ini. Penyelesaian kelembagaan dan administrasi ini juga melibatkan pelaksana pembangunan PT Angkasa Pura I (Persero) agar tahun 2014 mendapat proses pembehasan lahan berikut izin penetapan lokasi (IPL).

Hal tersebut disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat ditemui di Kraton KilenYogyakarta, Senin (19/8). Menurutnya, upaya percepatan tersebut merupakan tindakan nyata supaya pembangunan bandara baru tidak molor terlalu lama. Mengingat kapasitas bandara yang sekarang ada yaitu Bandara Internasional Adisutjipto sudah melebihi kapasitas atau overload penumpang.

"Saya sudah minta jadwal dari pihak pemrakarsa bandara dalam hal ini PT Angkasa Pura I (Persero) guna melihat perkembangan rencana pembangunan bandara baru di Kulonprogo. Saya berharap Pemda DIY dan Pemkab Kulonprogo bisa membentuk tim gabungan atau bersamaan daripada banyak tim guna memfasilitasi percepatan pembangunan bandara baru tersebut," ungkap Sultan.

Dikatakan, pihak PT Angkasa Pura I (Persero) juga telah membentuk tim tersendiri untuk segera membangun bandara baru di DIY. Sesuai dengan jadwal yang diterima dirinya, saat ini sedang didiskusikan pembentukan tim khusus dan keterlibatan pihak pemrakarsa proyek bandara baru di dalamnya. [Arif Haryanto/Sumber: Kedaulatan Rakyat]

Keatas