EN ID

Angkasa Pura Airports Raih Penghargaan "The Most Excellent Airport in Safety and Services"

07 May 2018

Kembali ke List


Jakarta - Angkasa Pura Airports  meraih Penghargaan Khusus sebagai "The Most Excellent Airport in Safety and Services" pada ajang Bisnis Indonesia Award (BIA) 2018 yang diselenggarakan oleh Harian Bisnis Indonesia. Piala penghargaan diserahkan oleh Komisaris Utama PT Jurnalindo Aksara Grafika (penerbit Harian Bisnis Indonesia) Hariyadi Sukamdani kepada Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi di malam penghargaan BIA 2018 di Hotel Raffles Jakarta, Senin (7/5).

"Penghargaan 'The Most Excellent Airport in Safety and Services' pada ajang Bisnis Indonesia Award ini merupakan penghargaan khusus yang mengapresiasi kinerja Angkasa Pura Airports, terutama kinerja dalam bidang safety dan service selain kinerja keuangan. Dalam menjaga aspek safety dan service, Angkasa Pura Airports selalu bekerja sama dengan organisasi kebandaraudaraan terkemuka di dunia Airport Council International untuk mengadakan pelatihan dan penilaian Airport Excellence (APEX) in Safety di hampir seluruh bandara-bandara Angkasa Pura Airports. Hal ini dilakukan untuk menjaga standard keamanan, keselamatan, dan kepatuhan sesuai dengan standard yang ditetapkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO)," kata Direktur Utama  Angkasa Pura Airports Faik Fahmi.

Pada bidang service, lanjut Faik Fahmi, bandara-bandara Angkasa Pura Airports juga dinilai pada ajang Airport Service Quality (ASQ) Award yang merupakan satu-satunya program benchmarking global untuk mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang juga dilakukan oleh ACI. 

Sebagai informasi, pada Maret 2018 lalu, tiga bandara yang dikelola Angkasa Pura Airports meraih capaian prestisius tingkat dunia ASQ Awards 2017 yang diadakan oleh Airport Council International (ACI). Ketiga bandara tersebut adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang berhasil meraih penghargaan pada tiga kategori di mana salah satunya adalah  “1st place Best Airport by Size: 15-25 million passenger per year”, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan meraih penghargaan “The 2nd place Best Airport by Size: 5-15 million passenger per year” , dan Bandara Juanda Surabaya yang meraih penghargaan “The 3rd place Best Airport by Size: 15-25 million passenger per year”.

Penghargaan dari Bisnis Indonesia Award ini merupakan penghargaan ketiga yang diterima Angkasa Pura Airports pada Mei ini setelah sebelumnya pada 4 Mei menerima penghargaan sebagai "HR Best Asia Companies to Work For in Asia 2018 - Indonesia Chapter" dari Majalah HR Asia dan pada 2 Mei meraih Silver Winner "The Most Promising Company in Strategic Marketing and Tactical" pada ajang BUMN Marketeers Award 2018 yang diselenggarakan Forum Humas BUMN bekerja sama dengan Markplus Inc. Pada 30 April, Angkasa Pura Airports juga berhasil meraih penghargaan "Best Partnership Program & Community Development" pada kategori Transportation and Warehousing dalam ajang Apresiasi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Indonesia 2018 yang diselenggarakan oleh Majalah Warta Ekonomi

BIA sudah dilakukan sejak 2002. Penilaian BIA 2018 yang bertema "Excellent Growth" ini dihitung berdasarkan periode laporan keuangan selama tiga tahun terakhir, yaitu 2015-2017. Periode tiga tahun tersebut merupakan fase pertumbuhan bisnis yang penuh dengan tantangan, terutama terhadap kinerja finansial perusahaan. Pada kategori penghargaan khusus, diberikan kepada perusahaan (emiten dan non-emiten) yang dipilih dan ditentukan sidang dewan redaksi yang mendasarkan pada sejumlah parameter dan kriteria yang ketat.

"Kami cukup bangga menerima penghargaan pada ajang Bisnis Indonesia Award ini yang biasanya berfokus pada kinerja emiten di Bursa Efek Indonesia. Penghargaan khusus pada ajang yang bertema 'Excellent Growth' ini mengindikasikan kinerja Angkasa Pura Airports yang cukup terlihat dan berdampak di tengah era percepatan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan konektivitas udara di wilayah tengah dan timur Indonesia. Penghargaan ini menjadi dorongan semangat bagi Angkasa Pura I untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan serta menyelesaikan proyek-proyek pembanguan bandara sesuai target," ujar Faik Fahmi. [DR]

***

Keatas