EN ID

Angkasa Pura Airports Raih Penghargaan The Best Contact Center Indonesia Award 2021

25 Oct 2021

Kembali ke List


JAKARTA - Angkasa Pura Airports berhasil meraih penghargaan pada ajang The Best Contact Center Indonesia 2021. Dalam ajang yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA) tersebut, Angkasa Pura Airports berhasil meraih penghargaan di dua kategori, yaitu penghargaan Silver di kategori The Best Contact Center Operations, dan penghargaan Bronze di kategori The Best Agent Inbound - Public yang berhasil diraih oleh Dwi Sinta Wardani.

Diraihnya penghargaan di tahun 2021 ini sekaligus mengulangi catatan di tahun 2018 lalu, di mana pada saat ini Angkasa Pura Airports berhasil meraih penghargaan Silver pada kategori The Best Contact Center Operations.

Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi menyatakan penghargaan ini merupakan apresiasi atas kinerja perusahaan dalam melayani pelanggan. "Keberhasilan dalam meraih penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi serta pengakuan atas kinerja dan pelayanan yang kami berikan kepada pelanggan serta pengguna jasa bandara, utamanya melalui Contact Center 172 (CC172), serta media sosial resmi perusahaan," ujarnya.

"Sejak diluncurkan pada tahun 2016 silam, CC172 telah dengan sangat baik dalam memberikan kemudahan layanan bagi pengguna jasa, baik itu dalam menjawab pertanyaan, menangani keluhan, menerima aspirasi, serta utamanya dalam memberikan informasi bagi pengguna jasa yang pada era sekarang ini sangat membutuhkan akses informasi yang tepat, cepat, dan akurat. Personel Contact Center 172 dengan sigap dan tangkas melayani feedback pengguna jasa di 15 bandara yang kami kelola. Tidak hanya untuk melayani kebutuhan informasi pengguna jasa, CC172 pun juga bertransformasi ke dalam hal lain, salah satunya adalah sebagai Contact Center dalam kegiatan Girls Take Over (GTO) yang merupakan kolaborasi antara Kementerian BUMN, Srikandi BUMN, dan Plan Indonesia dalam mendukung kesetaraan gender dalam dunia kerja," imbuh Faik Fahmi.

Penghargaan tersebut disampaikan pada Senin (25/10) siang, bertempat di The Westin Jakarta, serta diterima langsung oleh Vice President Airport Branding and Service Experience Angkasa Pura Airports Yudhaprana Sugarda untuk kategori The Best Contact Center Operations, serta oleh Herdanu Sri Novanto selaku Service Design and Implementation Senior Manager untuk kategori The Best Agent Inbound - Public.

Diluncurkan pada 20 Februari 2016, CC172 beroperasi di 15 bandara kelolaan Angkasa Pura I, serta dapat diakses oleh pengguna jasa melalui telepon di nomor 172, e-mail cc172@ap1.co.id, Facebook AngkasaPura 172, Twitter @angkasapura172, serta Instagram @angkasapura172.

Pada semester 1 2021, sebanyak 128.432 feedback dari pengguna jasa telah diterima dari pelanggan, dengan 52.343 (40,76%) di antaranya diterima melalui Counter Customer Service, serta 28.274 feedback (22,01%) diterima melalui CC172, di mana sebanyak 100% feedback telah terlayani. Dari jumlah feedback yang diterima selama 6 bulan pertama di 2021, sebanyak 118.670 (92,40%) feedback berupa permohonan informasi terkait informasi penerbangan, di antaranya tentang persyaratan penerbangan di masa pandemi, informasi tentang rapid test di bandara, serta prosedur pemeriksaan penumpang.

Didirikan pada tahun 2003, ICCA beranggotakan instansi dan perusahaan dari berbagai macam sektor industri di Indonesia, di antaranya adalah perbankan, asuransi, retail, manufaktur, energi, pemerintahan, dan telekomunikasi. Keanggotaan ICCA terbuka bagi perusahaan yang memiliki Contact Center. Pertama kali digelar pada 2015, ajang The Best Contact Center Indonesia kini telah memasuki tahun penghargaan ketujuh. 

"Di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, pemenuhan kebutuhan informasi penerbangan dan kebandarudaraan untuk masyarakat pada umumnya serta pengguna jasa bandara khususnya sangatlah krusial. Komitmen kami adalah untuk terus menerus selalu ada dan memberikan kemudahan layanan informasi demi tercapainya kepuasan pelanggan, salah satunya melalui Contact Center 172, yang merupakan "A place to share your voice, appreciation, and experience"," tutup Faik Fahmi.

Keatas