EN ID

Angkasa Pura Airports Siapkan SDM Untuk Kelola Bandara Internasional Sepinggan Baru

22 Mar 2014

Kembali ke List


BALIKPAPAN – Terminal baru Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan telah diresmikan hari ini, Sabtu, 22 Maret 2014. Terminal yang memiliki luas 110.000m2  ini mampu menampung 10 juta penumpang pertahunnya. Terminal baru ini dilengkapi dengan beragam fasilitas, yakni 11 unit aviobridge, apron seluas 140.900m2 , 74 buah check in counters, 8 unit conveyor, aplikasi Airport Integrated Management System (AIMS), serta dilengkapi dengan HBS (hold baggage screening) level 4. Selain itu, Bandara Internasional Sepinggan baru juga memiliki gedung parkir empat lantai yang mampu menampung hingga 2.300 unit kendaraan.

Untuk mempersiapkan pelayanan yang lebih memuaskan, pihak manajemen pengelola Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, Angkasa Pura Airports telah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Saat ini jumlah SDM Organik 257 orang dan jumlah SDM outsourcing 611 orang. Berbagai pelatihan telah dilakukan jauh-jauh hari demi menciptakan SDM yang siap kerja. Untuk pegawai outsourcing diikutkan pelatihan seperti Basic Aviation Security, Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadaman Kebakaran (PK-PPK), dan InItial Garbarata. Pelatihan tambahan bagi petugas frontliner juga telah dilaksanakan seperti diklat Great Customer Satisfaction bagi para SDM Organik dan Outsourcing, Training Service Excellence dan Basic English bagi para SDM Outsourcing, dan juga training Beauty Class.

Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan yang mengusung konsep The First Boutique Airport, memadukan antara mall dan airport menjadi satu.Pengunjung diperbolehkan masuk ke dalam gedung terminal termasuk area check in counter. Hal ini akan menciptakan pengalaman yang unik di dalam bandara bagi para pengunjung, sekaligus sebagai upaya Angkasa Pura Airports dalam meningkatkan pendapatan non-aeronautika. Diharapkan dengan adanya SDM yang telah dipersiapkan mampu menambah performa bandara dalam hal pelayanan bagi para pengunjung bandara. [Pardika Dewi Retno]

Keatas