EN ID

Semarang Akan Kedatangan Tiga Maskapai Lagi

25 Apr 2013

Back to List


SEMARANG  – Sebanyak tiga maskapai penerbangan akan masuk ke Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang hingga akhir tahun 2013 ini. Demikian diungkapkan General Affair & Communication Section Head PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Ahmad Yani Anom Fithranggono.

Ketiga maskapai penerbangan tersebut adalah SilkAir, Tiger Airways, dan Citilink."Dalam waktu satu hingga dua bulan ke depan akan ada tiga maskapai penerbangan nasional maupun internasional yang masuk Bandara Ahmad Yani," ujar Anom.

Untuk maskapai SilkAir dan Tiger Airways, telah mengajukan permintaan rute Semarang-Singapura. Rute ini sebelumnya digarap oleh Batavia Air, yang telah diputus pailit beberapa waktu lalu.

Slot time untuk rute ini yang tersedia kemungkinan akan dilayani penerbangan pada siang hari, sekitar pukul 11.30 WIB – 13.00 WIB. Namun detailnya masih dalam pembahasan,” imbunya.

Sementara untuk Citilink, dijadwalkan akan melayani penerbangan Semarang-Jakarta, mulai akhir April atau awal Mei mendatang. “Citilink mengincar pasar low cost carrier yang masih terbuka, yang dulunya juga sempat dilayani Batavia Air,” kata Anom.

Selain pertimbangan rute penerbangan yang masih terbuka, ketiga maskapai tersebut juga melihat besarnya potensi pasar yang ada, baik untuk Semarang-Jakarta maupun Semarang-Singapura. “Ini terlihat dari tingkat load factor maskapai penerbangan yang ada saat ini mencapai rata-rata 70%-80% saat weekday dan bahkan 100 persen saat weekend,” ujarnya.

Up