EN ID

Intensitas Erupsi Gunung Merapi Meningkat, Angkasa Pura Airports Siap Antisipasi Kemungkinan Terjadinya Bencana Alam

27 Jan 2021

Back to List


Jakarta, 27 Januari 2021 – Terkait dengan adanya peningkatan intensitas erupsi Gunung Merapi pada Rabu (27/1) siang ini, Angkasa Pura Airports, sebagai pengelola Bandara Adi Soemarmo Solo dan Bandara Adisutjipto Yogyakarta yang lokasinya berdekatan dengan Gunung Merapi, menginformasikan kesiapannya mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam.

Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, saat ini Angkasa Pura Airports tengah melakukan sejumlah persiapan seperti:

  1. Melaksanakan aerodrome observation berupa pengamatan lapangan, visual report, dan paper test on  airside dan berkoordinasi dengan pihak terkait,
  2. Memonitor penerbitan NOTAM oleh Direktorat jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.
  3. Melaksanakan safety risk assesment.
  4. Menyiapkan skenario penanganan penumpang untuk mengantisipasi penumpukan di area keberangkatan, area check in, area publik, akibat pembatalan penerbangan (cancel flight),
  5. Melaksanakan skenario pengalihan penerbangan yang berkoordinasi dengan stakeholder terkait,
  6. Melakukan pelayanan bagi penumpang yang terdampak delay.

Sebagai informasi, Bandara Adi Soemarmo Solo beroperasi pada pukul 07.00 - 18.00 WIB, sedangkan Bandara Adisutjipto Yogyakarta beroperasi pada pukul 07.00 - 16.00 WIB. Angkasa Pura Airports terus berkoordinasi dengan otoritas dan stakeholder terkait dalam memonitor kondisi terkini dan menginformasikan ke publik mengenai status operasional kedua bandara tersebut.

"Kami tengah berkoordinasi intesif untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam lebih besar yang diakibatkan peningkatan erupsi Gunung Merapi. Seluruh penumpang yang akan terbang dari dan menuju Solo dan Yogyakarta, diharapkan untuk terus memantau status penerbangan Anda melalui pihak maskapai dan/atau dapat mengikuti perkembangan status operasional bandara terkini dengan menghubungi layanan Contact Center Angkasa Pura Airports di nomor 172 atau Twitter @AngkasaPura172," ujar Vice President Corporate Secretary Angkasa Pura Airports Handy Heryudhitiawan.

Up