EN ID

Enam Bandara Angkasa Pura Airports Raih Penghargaan Bandar Udara Sehat 2022 dari Kementerian Kesehatan

23 Nov 2022

Back to List


Enam bandara kelolaan Angkasa Pura Airports berhasil meraih Penghargaan Bandar Udara Sehat 2022 pada ajang Penganugerahan Tanda Penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pemberian penghargaan dilaksanakan pada Rabu, 23 November 2022 bertempat di Hotel Discovery Ancol, Jakarta.

Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi menyampaikan bahwa "Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas prestasi dan komitmen Angkasa Pura Airports dalam penyelenggaraan Bandar Udara Sehat di seluruh area bandara kelolaan. Enam bandara yang meraih penghargaan Bandar Udara Sehat 2022 adalah Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, dan Bandara Internasional Lombok,” terangnya.

Adapun aspek dan indikator yang dinilai sehingga enam bandara kelolaan Angkasa Pura Airports berhasil meraih penghargaan Bandar Udara Sehat adalah dalam hal penyelenggaraan kesehatan lingkungan, penataan sarana dan fasilitas, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja, peningkatan keamanan dan ketertiban serta aspek kelembagaan. Dalam proses penilaian, keenam bandara telah melakukan penyampaian laporan self assesment dan video yang kemudian dilakukan penilalian serta verifikasi lapangan oleh tim penilai dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan profesional. 

Penilaian Bandar Udara Sehat ini merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali dan diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat. Penghargaan ini merupakan yang pertama kalinya diraih oleh Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan Bandara Juanda Surabaya, yang kedua kalinya diraih oleh Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, serta yang ketiga kalinya diraih oleh Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, dan Bandara Internasional Lombok.

“Hal ini menjadi bukti dan motivasi bagi kami untuk terus menjamin terciptanya budaya dan lingkungan yang sehat secara konsisten di 15 bandara kelolaan Angkasa Pura I. Kami selalu memastikan penyelenggaraan kesehatan di lingkungan bandara terlaksana dengan baik dalam hal penyediaan air, pengelolaan limbah cair dan B3, kualitas udara, penghijauan, penyediaan kendaraan angkutan di bandara, pengelolaan sampah, pengawasan makanan, serta pengendalian vektor dan binatang penular penyakit di bandara. Dalam hal penataan sarana dan fasilitas di bandara kami selalu memastikan sarana dan bangunan di bandara tidak menimbulkan faktor risiko kesehatan masyarakat, tersedianya parkir kendaraan, tersedianya fasilitas promosi program kesehatan, tersedianya sarana toilet, peturasan, cuci tangan, dan saluran drainase serta fasilitas lainnya yang dapat menciptakan lingkungan bandara yang sehat, aman dan nyaman,” jelas Faik Fahmi.

Pada kegiatan tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi turut memberikan kata sambutan secara virtual. “Selamat Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, semoga peringatan HKN ke-58 kali ini dapat menjadi momentum kebangkitan kesehatan bangsa Indonesia. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama dengan Kementerian Kesehatan telah mengembangkan pariwisata kesehatan Indonesia sejalan dengan tema HKN kali ini yaitu “Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku”. Kami berharap agar sektor pariwisata dan kesehatan di Indonesia dapat bangkit dan menjadi kebanggaan bagi warga negara Indonesia maupun mancanegara,” ujar Menteri Pariwisata Sandiaga Uno.

Dukungan dan apresiasi kepada penerima penghargaan baik kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, maupun instansi juga disampaikan oleh Menteri Perhubungan. “Semoga kinerja yang baik serta komitmen untuk terus menerus mewujudkan lingkungan yang sehat agar dapat dipertahankan dan ditingkatkan, karena lingkungan yang sehat akan mensehatkan kita semua,” tambah Menhub Budi Karya.

Penghargaan Bandar Udara Sehat 2022 diserahkan secara langsung oleh Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia Dante Saksono Harbuwono kepada masing-masing General Manager keenam bandara Angkasa Pura Airports yang menerima penghargaan Bandar Udara Sehat 2022.
 
“Kami juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Kesehatan atas penghargaan yang diberikan serta para petugas dan stakeholder bandara yang telah membantu kami sehingga berhasil mendapatkan penghargaan ini. Kami akan terus berupaya untuk mempertahankan dan meningkatkan kebersihan serta kesehatan di lingkungan bandara,” tutup Faik Fahmi.

Up