EN ID

Dahlan Iskan Optimis T2 Bandara Juanda Selesai Akhir Tahun Ini

26 Aug 2013

Back to List


SURABAYA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan hari Minggu (25/8) meninjau proyek pembangunan terminal 2 (T2) Bandara Internasional Juanda, Surabaya. Melihat perkembangan pembangunannya, Dahlan optimis T2 Bandara Juanda akan selesai pada akhir tahun ini.

Lokasi T2 Bandara Juanda ini berada di seberang terminal yang ada sekarang. Untuk mencapainya harus memutar atau dengan menyeberangi landasan. T2 ini nantinya akan digunakan untuk operasional maskapai Garuda Indonesia dan penerbangan internasional.

"Garuda dan penerbangan internasional di T2 ini nantinya. Sekarang sudah 80 persen, akhir tahun selesai," kata Dahlan saat ditemui di Bandara Juanda, Surabaya.

Menurut Dahlan, T2 Bandara Juanda jauh lebih bagus dibandingkan dengan terminal 1 yang sudah beroperasi saat ini. Meski jauh lebih bagus, namun biaya pembangunan T2 jauh lebih murah dari terminal sebelumnya.

"Tidak sampai Rp 1,5 triliun, sekitar Rp 1,2 triliun saja. Ini jauh lebih bagus. Tapi bandara lama menghabiskan Rp 4,5 triliun. Itu karena zaman jahiliyah," kata Dahlan singkat.

Setelah pembangunan terminal 2 ini selesai, kapasitas Bandara Juanda ini akan mencapai 6,5 juta penumpang per tahun.

Sebelumnya, PT Angkasa Pura I (Persero) membeberkan rencana pengembangan Bandara Juanda, Surabaya, untuk menjadi bandara terbaik di Asia. Bandara kebanggaan masyarakat Jawa Timur itu saat ini masuk jajaran bandara terbaik di ASEAN untuk kategori penumpang di bawah 20 juta penumpang per tahun.

Corporate Secretary Angkasa Pura Airports Farid Indra Nugraha menjelaskan, dalam pembangunan dan pelayanan Bandara Juanda pihaknya melakukan kerjasama strategic partnership dengan bandara terbaik dunia yaitu pengelola Bandara Incheon, Korea Selatan. Hal ini yang diyakini membuat layanan Bandara Juanda menjadi lebih baik. [Arif Haryanto/Merdeka]


Up