EN ID

Bandara Juanda Raih "Airport of The Year" Bandara Awards 2013

18 Dec 2013

Back to List


JAKARTA - Peningkatan pelayanan yang selama ini di tunjukkan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) kembali berbuah manis. Bandara Internasional Juanda Surabaya berhasil mempertahankan penghargaan Bandara Awards 2013 untuk yang ketiga kalinya sebagai "Airport of The Year" dari Majalah Bandara bersama dengan Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Penganugerahan penghargaan ini berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa malam (17/12).

Selain Bandara Internasional Juanda, bandara lain di bawah kelolaan Angkasa Pura Airports yang berhasil memperoleh penghargaan dalam ajang Bandara Awards 2013 adalah Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo yang meraih gelar "Good Airport Services", Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar sebagai "Best Airport", serta Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali yang meraih predikat "Progressive Airport Services".

Prestasi yang diraih oleh Bandara Internasional Juanda ini diperoleh setelah dilakukan survei di 41 bandara di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 13 bandara Angkasa Pura Airports, 14 Bandara Angkasa Pura II, dan 14 UPT Kementerian Perhubungan. Selain melalui survei, penilaian juga dilakukan oleh panel juri yang terdiri dari Sapta Nirwandar (Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Herry Bakti S. Gumay (Dirjen Perhubungan Udara), serta Esthy Reko Astuty (Dirjen Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif). Bentuk pelayanan, sarana, dan prasarana yang ada pada bandara mulai akses bandara, informasi, pelayanan imigrasi, pelayanan keberangkatan dan kedatangan, kenyamanan terminal, toilet, fasilitas belanja dan restoran, serta fasilitas umum lainnya yang didapatkan di Bandara Internasional Juanda dinilai lebih unggul dibanding bandara lainnya.

"Keberhasilan Bandara Internasional Juanda meraih penghargaan ini merupakan salah satu bukti bahwa layanan yang selama ini diberikan oleh Bandara Juanda telah memenuhi apa yang diharapkan oleh para pengguna jasa bandara," ujar General Manager Bandara Internasional Juanda Surabaya Trikora Harjo.  

Pencapaian ini sekaligus melengkapi gelar yang telah diperoleh oleh Bandara Internasional Juanda pada tahun 2013 ini, yaitu "ASEAN Airport of The Year" dalam ajang ASEAN Commercial Aviation Awards Langkawi International Maritime & Aerospace Exhibition (LIMA) 2013 serta "Best Performing Indonesian Airport of The Year" dalam Frost&Sullivan Aerospace Award 2013. [Arif Haryanto]

Up