EN ID

Bandara Adisutjipto Tambah Empat Penerbangan

25 Jul 2013

Back to List


YOGYAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta sementara ini menambah empat penerbangan arus mudik balik 2013 dari dua maskapai dengan keberangkatan paling malam pukul 23.00 WIB. General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Agus Adrianto mengatakan tambahan penerbangan itu diajukan maskapai Garuda Indonesia dengan satu jadwal dan tiga penerbangan oleh Citilink, sehingga frekuensi penerbangan dari dan ke Yogyakarta akan lebih padat. "Belum ada kepastian penambahan lagi, baru ada empat yang sudah dipastikan. Maskapai lainnya masih melihat potensi lonjakan penumpang," katanya, Rabu (24/7).

Menurutnya, penambahan penerbangan itu mulai dijadwalkan pada H-5 hingga H+5 lebaran dengan prediksi peningkatan jumlah penumpang dari 3.000 menjadi 11.000 penumpang dibandingkan hari biasa dengan rata-rata 8.000 kursi terisi.

Bandara Adisutjipto saat ini melayani 61 kali penerbangan terdiri dari 58 domestik dan tiga keluar negeri dengan waktu penerbangan mulai pukul 06.00 WIB dan paling malam pukul 21.00 WIB. "Saat arus mudik kami mengupayakan pelayanan optimal hingga pukul 23.00 WIB atau sampai penerbangan terakhir seandainya terjadi kendala cuaca," lanjutnya.

Asisten Manajer Data dan Informasi Bandara Internasional Adisutjipto Faizal Indra Kusuma memperkirakan lonjakan penumpang lebaran terjadi pada H-3 karena bertepatan dengan akhir pekan. "Puncak arus mudik kami prediksi pada hari Sabtu-Minggu, tepat H-3 dan H-4. Kemungkinan tetap didominasi pemudik dari keberangkatan Jakarta," paparnya.

Pada angkutan lebaran tahun ini Bandara Adisutjipto siap mendirikan Posko Lebaran mulai 1-16 Agustus 2013 pukul 06.00 WIB hingga 21.30 WIB dengan melibatkan 54 personel gabungan yang terdiri dari 30 personel Angkasa Pura Airports, 14 personel TNI-AU, empat petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan enam dari Lembaga Pendidikan Pramugari. [Arif Haryanto / Sumber: Bisnis Indonesia]

Up