EN ID

Angkasa Pura I Terima 8 Penghargaan pada Bandara Awards 2010

30 Dec 2010

Back to List


“Penghargaan ini dimaksudkan untuk mendorong para pengelola bandara di tanah air terus melakukan perbaikan dan peningkatan pelayanan beserta sarana dan prasarana kepada masyarakat,” demikian dinyatakan di dalam siaran pers yang diberikan panitia penyelenggara.

 Pemberian penghargaan kepada para pengelola Bandara ini berdasarkan hasil prestasi melalui survey yang dilakukan terhadap 30 terminal penumpang dari 28 Bandara di lingkungan PT Angkasa Pura I dan II (Persero) beserta 3 UPT Bandara Kelas Utama yang tersebar di seluruh tanah air.

 Dalam survey untuk mengukur kepuasan pelanggan tersebut, tim survey Tabloid Bandara dan bandaraindonesia.com menggunakan metode direct reported satisfaction dengan penyebaran kuesioner terdiri 40 pertanyaan utama dan 10 data pendukung serta skala pembobotan di 30 terminal penumpang, sementara untuk validitas dari survey menggunakan 10 ribu sampel dalam random sampling.

 Pemberian penghargaan Bandara Award 2010 terdiri dari Penghargaan Utama, yang terbagi dalam peringkat satu, dua, dan tiga. Penghargaan Utama terdiri atas empat kategori, yaitu Kategori Terminal Baru dan Padat, Terminal Baru dan Tidak Padat, Terminal Lama dan Padat, serta Terminal Lama dan Tidak Padat.

 

Yang kedua adalah Penghargaan untuk Juara Umum, yaitu untuk satu terminal Bandara yang mempunyai Indeks Persepsi Pelanggan Tertinggi dan diputuskan oleh Dewan Juri melalui pertimbangan khusus. Ketiga , Penghargaan Khusus yang diberikan kepada 3 Terminal Bandara yang mempunyai Indeks Persepsi Pelanggan Terendah.

 “Diselenggarakannya ajang penghargaan ini sebagai bentuk kepedulian swasta khususnya Bandara Group dalam ikut serta memberikan masukan dan kritik yang membangun bagi perbaikan dan kemajuan pengelolaan bandara di Indonesia,” kata Pemimpin Redaksi Bandara Group Erwin Nurdin.

 Kelompok pertama adalah Penerima Bandara Award 2010. Kelompok ini terdiri dari empat kategori. Kategori pertama adalah Kategori Bandara Baru dan Padat, dengan Juara Peringkat I adalah Bandara Juanda Surabaya, Peringkat II adalah Bandara Sultan Hasanuddin Ujung Pandang, dan Peringkat III adalah Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Tangerang.

 Kategori kedua adalah Kategori Bandara Lama dan Padat, dengan Juara Peringkat I adalah Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Peringkat II adalah Bandara Ngurah Rai Denpasar, dan Peringkat III adalah Bandara Sepinggan Balikpapan.

 Kategori ketiga adalah Kategori Bandara Lama dan Tidak Padat, dengan Juara Peringkat I Bandara Husein Sastranegara Bandung, Peringkat II adalah Bandara Selaparang Mataram, Peringkat III adalah Bandara Juwata Tarakan.

 Pada kelompok yang kedua adalah Juara Umum Bandara Award 2010, yaitu Bandara yang ditetapkan menjadi Juara Umum dalam Bandara Award 2010. Penerima Anugerah Juara Umum Bandara Award 2010 adalah Bandara Husein Sastranegara Bandung.

 Terakhir, Kelompok Bandara yang Perlu Mendapat Perhatian. Tiga Bandara yang ditetapkan sebagai Bandara yang perlu mendapat perhatian untuk dapat ditingkatkan pelayanannya Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin, Bandara Sultan Syarif Karim II Pekanbaru, dan Bandara Polonia Medan.

 

Up