EN ID

Angkasa Pura Airports Tetapkan Pemenang Seleksi Mitra Pengelola Kargo dan Pos di Dua Bandara

29 Aug 2022

Back to List


Jakarta, 29 Agustus 2022 - Sebagai upaya untuk meningkatkan Level of Services pada layanan dan operasional Terminal Kargo dan Pos berstandar global, Angkasa Pura Airports telah menetapkan hasil seleksi Cargo Terminal Operator (CTO) yang beroperasi di Terminal Kargo dan Pos di Bandara Juanda Surabaya dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Hal tersebut bertujuan untuk optimalisasi bisnis kargo pada saat kondisi pandemi, transformasi teknologi, ekspertis, dan Network Cargo Business melalui Semi Automatic System Warehouse.

"Angkasa Pura Airports berkomitmen untuk senantiasa meningkatkan layanan jasa kebandarudaraannya, termasuk layanan bagi stakeholder kargo udara dan meningkatkan cargo throughput serta optimalisasi pendapatan. Penetapan pemenang pada seleksi CTO dilakukan dalam rangka meningkatkan layanan kargo dan pos sehingga dapat mendukung pertumbuhan kargo dan logistik nasional," ujar Direktur Utama  Angkasa Pura Airports Faik Fahmi. 

Pelaksanaan seleksi CTO diikuti oleh perusahaan-perusahaan Cargo Terminal Operator nasional dan internasional. Pemenang pada seleksi CTO ini adalah PT Jasa Angkasa Semesta, Tbk. dengan jangka waktu perjanjian kerja sama selama 5 tahun, sehingga nantinya operator yang akan beroperasi di Terminal Kargo Internasional Bandar Udara Juanda Surabaya dan Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai adalah PT Jasa Angkasa Semesta, Tbk. sebagai pemenang seleksi, dan PT Angkasa Pura Logistik sebagai perusahaan Cargo Terminal Operator eksisting di kedua bandara tersebut.

Dalam pelaksanaanya, PT Jasa Angkasa Semesta, Tbk. akan mengimplementasikan Cargo Terminal Digitalization melalui integrasi terhadap Cargo Integrated System Angkasa Pura Airports yang akan membantu menyederhanakan proses bisnis, meningkatkan efisiensi, transparansi pembayaran cashless dan terintegrasi dengan seluruh stakeholder di dalam Air Cargo & Logistics Ecosystem seperti maskapai penerbangan, bea cukai dan karantina, Regulated Agent, Ekspedisi Muatan Pesawat Udara (EMPU) atau Freight Forwarder, dan Cargo Terminal Operator. Selain itu Cargo Integrated System ini juga akan terintegrasi dengan HS-Code INSW dan National Logistics Ecosystem (NLE).

Target operasional Terminal Kargo dan Pos Internasional yang akan dikelola oleh PT Jasa Angkasa Semesta, Tbk adalah pada 1 Desember 2022 untuk Bandara Juanda Surabaya dan pada 1 Januari 2023 untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Sebagai informasi, trafik pergerakan kargo Bandara Juanda Surabaya pada 1 Januari sampai dengan 17 Agustus 2022 sebesar 38.949 ton, serta untuk pergerakan kargo di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali adalah sebesar 20.439 ton.

Direktur Pengembangan Usaha Angkasa Pura Airports Dendi T. Danianto menyampaikan “Kami berharap melalui seleksi terbuka yang telah dilaksanakan oleh Angkasa Pura Airports akan memberikan dampak transformasi teknologi, peningkatan fasilitas dan ekspertis guna peningkatan Level of Services dan Cargo Throughput serta operasional Terminal Kargo dan Pos yang berstandar Global,” jelas Dendi.

Up