EN ID

ANGKASA PURA AIRPORTS KEMBANGKAN PROGRAM PENDIDIKAN PENERBANGAN

24 Jan 2012

Back to List


Penandatanganan Kerjasama tersebut berlangsung di Centre for Excellence Angkasa Pura Airport dengan disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia Bapak E. E. Mangindaan.

Badan Pengembangan SDM Perhubungan adalah Institusi Pemerintah di bawah Kementerian Perhubungan yang bertugas melaksanakan pengembangan sumber daya manusia di bidang perhubungan. Angkasa Pura Airports merupakan Badan Usaha Milik Negara yang diberi wewenang untuk melaksanakan penyelenggaraan, pengelolaan, pengusahaan, dan pengembangan bandar udara yang ditetapkan oleh pemerintah.

Dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia di bidang penerbangan yang cakap, berkualitas, dan memiliki kompetensi sebagai implementasi dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, Angkasa Pura Airports siap mendukung program Pemerintah dalam hal ini Badan Pengembangan SDM Perhubungan Kementerian Perhubungan untuk melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan serta melakukan pengembangan SDM di bidang penerbangan.

Ruang lingkup MoU ini meliputi  :

1.       Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan dalam rangka peningkatan dan pengembangan SDM di bidang penerbangan oleh Badan Pengembangan SDM Perhubungan,

2.       Proses penerimaan (recruitment) peserta didik sesuai persyaratan dan kebutuhan Angkasa Pura Airports dengan melalui tahapan yang telah ditetapkan oleh kedua belah pihak,

3.       Penempatan peserta didik yang telah lulus pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan SDM melalui tahapan administrasi dan wawancara oleh Angkasa Pura Airports.

Sebagai langkah awal dari kerja sama ini, Angkasa Pura Airports telah menyiapkan program pendidikan dan pelatihan untuk dua angkatan Junior Air Traffic Controllers (JATC), yang dijadwalkan pada Bulan Maret dan Agustus 2012. Untuk calon peserta Diklat JATC dimaksud, akan diambil dari para pemuda-pemudi lulusan Strata Satu (S1) seluruh Indonesia yang memenuhi persyaratan.

Bagi Peserta yang lulus seleksi akan mengikuti Pendidikan di Centre for Excellence - Angkasa Pura Airports, Kemayoran selama ± 9 bulan lalu ditempatkan menjadi Junior Air Traffic Controllers di Bandara Angkasa Pura Airports, setelah melalui tahapan administrasi yang dilaksanakan oleh Angkasa Pura Airports.

Metode perekrutan dari lulusan S1 menjadi Air Traffic Controller adalah merupakan hal baru dan pertama kali di Indonesia. Langkah ini sangat tepat untuk mengatasi kekurangan tenaga Air Traffic Controller yang sangat terasa akhir-akhir ini, artinya dalam waktu yang sangat singkat kita sudah memperoleh tenaga ATC yang cakap dan terampil serta memiliki wawasan dan pengetahuan setingkat sarjana.

Pelaksanaan Diklat JATC ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen Angkasa Pura Airports di dalam meningkatkan Pelayanan Lalu Lintas Udara di lingkungan Bandara dan Ruang Udara (Airspace) yang dilayani.

 

 

Up