EN ID

Angkasa Pura Airports Buka Posko Lebaran 2023

15 Apr 2023

Back to List


Angkasa Pura Airports secara resmi mengoperasikan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran 2023/1444 H di 15 bandara yang dikelola. Posko beroperasi selama 19 hari mulai dari 14 April 2023 hingga 2 Mei mendatang. 

Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi mengatakan perusahaan memprediksi trafik pada periode Lebaran kali ini lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. 

“Untuk mengantisipasi potensi lonjakan penumpang ini, kami juga telah menyiapkan bandara-bandara kami, baik secara operasional maupun infrastruktur. Karena itu, pengoperasian Posko Lebaran untuk memastikan kelancaran arus transportasi udara selama periode arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri dengan berprinsip pada safety, security, services, dan compliances,” ujar Faik. 

Faik menjelaskan, Angkasa Pura Airports memproyeksi rata-rata pergerakan penumpang harian selama periode Angkutan Lebaran 2023 mencapai 208 ribu penumpang/hari, jauh di atas realisasi jumlah penumpang rata-rata harian Angkutan Lebaran 2022 sebanyak 155 ribu penumpang/hari. 

Untuk mengantisipasi tingginya minat masyarakat pada periode mudik, tiga bandara Angkasa Pura Airports juga akan beroperasi 24 jam selama periode posko yakni Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, dan Bandara Sam Ratulangi Manado. 

Sedangkan, perusahaan juga memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada Rabu, 19 April 2023 (H-3 Lebaran) yakni sekitar 220 ribu pergerakan penumpang dan 1.700 pergerakan pesawat udara. 

Pada Posko Lebaran 2023 di 15 bandara Angkasa Pura Airports, sebanyak 4.680 personel akan mendukung jalannya posko. Itu terbagi menjadi 4.254 personel internal dari Angkasa Pura Airports, serta 426 personel keamanan dari unsur TNI dan Polri. 

“Kami berupaya untuk terus mengawal kelancaran Angkutan Lebaran di tahun ini. Dengan itu, masyarakat dapat mudik dengan tenang, nyaman, dan aman,” tutup Faik. 

Up