EN ID

Angkasa Pura 1 Bangun Seribu Kamar Hotel

19 Jul 2011

Back to List


“kami sudah bentuk anak usaha di bidang hotel, dan Accor menjadi partner. Kami yakin Accor mitra yang solid. Pembangunan mulai tahun ini dan dalam 5 tahun kami punya seribu kamar, “jelas Direktur Utama Angkasa Pura 1 Tommy Soetomo usai penandatanganan kerja sama airport hotel dengan Presiden Direktur Accor Indonesia Gerrard Guilouet di Wisma BNI 46, Jakarta, Kamis (23/6).

Untuk tahap awal akan dibangun dua hotel. Ditargetkan, pembangunan dua hotel tersebut memakan waktu delapan bulan hingga satu tahun. Investasi yang ditanamkan untuk membangun hotel di Bandara Hasanudin Makassar dan Juanda Surabaya tersebut sebesar Rp 50 Miliar.

“Jenis kedua hotel ini adalah budget hotel (hotel bertarif murah) dengan brand formula 1.kami siapkan model terbaru. Dimana hotel adalah salah satu fasilitas penting bandara manapun di dunia, “katanya.

Gerrard mengakui, hotel yang akan mereka operasikan memiliki tariff bersaing. Sekitar Rp 350 – 400 per kamar, dan ditujukan khusus pada pendatang domestic yang selalu melakukan perjalanan bisnis ataupun rekreasi. “ kami memiliki tarif yang terjangkau dan dikelola secara profesional. Untuk setiap hotel yang kami operasikan ada 100 – 150 kamar, “tegasnya.

Angkasa Pura 1 mendirikan empat anak usaha baru di bidang hotel, property, logistic, dan support. Total modal yang disiapkan Angkasa Pura 1 mencapai  Rp 100 miliar. “sebelumnya kita enggak punya anak usaha. Makanya kita bentuk empat bidang. Hotel, property, logistic dan support ( ground handling), “terangnya.

Modal Rp 100 miliar siap dikucurkan Angkasa Pura 1 kepada anak-anak usaha mereka. Porsi terbesar modal diserap oleh Angkasa Pura Hotels, dengan nilai Rp 50 miliar. “Business model sudah siap, makanya kami usulkan kepada pemegang saham. Besok kita akan RUPS,”  katanya.

Staff to Board of Directors Angkasa Pura 1 Danny P. Thaharsyah menambahkan, dua hotel yang dibangun Angkasa Pura Hotels di Makassar dan Surabaya dalam tiga tahun ke depan akan menyumbang pendapatan Angkasa Pura 1 sebesar Rp 100 miliar. “ini hanya dua hotel ya, dalam tiga tahun. Dan jenisnya budget hotel, ini sesuai dengan analisa market yang kami lakukan. Maka jenisnya budget hotel, “jelasnya.

Up