EN ID

Sosialisasi Asuransi Kecelakaan Diri Penumpang Pesawat Udara di Bandara Ahmad Yani Semarang

29 Mar 2014

Back to List


Semarang - Sosialisasi Asuransi Kecelakaan Diri Penumpang Pesawat Udara dan Airport Liability Insurance dilaksanakan di Bandara Ahmad Yani Semarang, Jumat, 28Maret 2014. Dalam kegiatan tersebut bertindak sebagai narasumber Anak Agung Darma Putera dan Erwin Subhana dari PT Jasaraharja Putera. Kegiatan ini bertujuan untuk menyebarluaskan jaminan layanan proteksi penumpang pesawat dan kelalaian pengoperasian bandara di Angkasa Pura Airports.

"Angkasa Pura Airports senantiasa berupaya untuk meningkatkan layanan kepada pengguna jasa bandara. Pelaksanaan jaminan asuransi ini merupakan usaha nyata perusahaan untuk meningkatkan service level guarantee dan perlindungan terhadap tuntutan hukum dari pihak ketiga yang berakibat kecelakaan dalam pengoperasian bandara." KataYushan Sayuti Operational Director Angkasa Pura Airports.

Perjanjian pelaksanaan perlindungan ini merupakan implementasi Undang-Undang Penerbangan nomor 1 tahun 2009 pasal 240 ayat (3) yang berbunyi Resiko atas tanggung jawab terhadap kerugian sebagaimana pada ayat (1) wajib diasuransikan. Pertanggungan ini berlaku mulai 1 Januari 2014 31 Desember 2014 untuk seluruh bandara Angkasa Pura Airports.

Sepanjang 2013 terdapat 27 outstanding claim kecelakaan, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali 13 klaim, Bandara Sepinggan Balikpapan 5 klaim, Bandara Juanda Surabaya 4 klaim, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar 3 klaim, Bandara Ahmad Yani Semarang dan Bandara Sam Ratulangi Manado masing-masing 1 klaim. Alasan pengajuan terbanyak adalah meninggal dunia normal (normally death) sebanyak 7 kasus dengan nilai pertanggungan Rp 10.500.000,- perkejadian.

Dalam kegiatan sosialisasi ini hadir komunitas bandara seperti perwakilan maskapai penerbangan, mitra usaha bandara dan para karyawan Angkasa Pura Airports Cabang Bandara Ahmad Yani. Melihat potensi Semarang sebagai ibu kota Jawa Tengah dan penambahan kepadatan penumpang dari tahun ke tahun, penumpang harus terus dilindungi oleh asuransi. Penumpang Bandara Ahmad Yani sendiri tahun lalu telah mencapai 1,8 juta orang. Secara total, jumlah penumpang pesawat yang dilayani oleh Angkasa Pura Airports tahun 2013 lalu telah mencapai 72 juta orang dan akan menjadi 83 juta di tahun 2014. 

Pada hari yang sama, juga dilaksanakan kegiatan sosialisasi di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dan kemarin telah diselenggarakan di Bandara Lombok Praya Mataram (27/3).[Handy Heryudhitiawan]

Up