Siaran Pers

MEDIA GATHERING, GENERAL MANAGER PAPARKAN CAPAIAN MANAJEMEN HINGGA PROYEK PENGEMBANGAN BANDAR UDARA SYAMSUDIN NOOR BANJARMASIN 

agSinf20171114133614.jpg

Banjarbaru – Sadar akan pentingnya hubungan dan koordinasi yang baik antara Bandara Syamsudin Noor dengan para stakeholdernya, khususnya media, manajemen pada 13 Nopember 2017 menyelenggarakan jumpa pers atau media gathering bertemakan “Meningkatkan Komunikasi dan Informasi”. Bertempat di Parahyangan Resto Banjarbaru, gathering kali ini dihadiri oleh media-media di Kalimantan Selatan mulai dari Banjarmasin Post, Radar Banjarmasin, Metro Banjar, Trans 7, dan lain sebagainya. Hadir pula para pimpinan maskapai yang beroperasi di Bandara Syamsudin seperti Garuda Indonesia, Citilink. Lion Group, dan lainnya. 

Agenda acara media gathering kali ini diantaranya menjelaskan tentang perkembangan trafik penerbangan di Bandara Syamsudin Noor, program-program pelayanan dan keselamatan penerbangan di Bandara Syamsudin Noor, serta perkembangan proyek pengembangan Bandara Syamsudin Noor. Acara dibuka dengan pemutaran video perjalanan karir General Manager, Wahyudi yang sebelumnya memimpin di Bandara El Tari Kupang sebelum melanjutkan kepemimpinan Handy Heryudhitiawan di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin saat ini.

Kepada awak media, General Manager Bandara Syamsudin Noor, Wahyudi menjelaskan “Selama tahun 2015 hingga 2016 rata-rata naik 3% untuk pergerakan pesawat, 2% untuk pergerakan penumpang, serta 5% untuk pergerakan kargo.” Jelasnya mengawali paparan usai memperkenalkan dirinya.

Beliau menambahkan “Hingga bulan Oktober 2017, jumlah penumpang Bandara Syamsudin Noor sebanyak 3.011.758 orang. Pergerakan pesawat udara sebanyak 24.367. Sedangkan kargo sebanyak 18.631.046 kg.” tambahnya

Selain trafik, Bandara Syamsudin Noor juga senantiasa berupaya memudahkan mobilitas penggun jasa dengan menggandeng maskapai untuk membuka empat rute baru diantaranya Banjarmasin – Palangkaraya yang mulai beroperasi tanggal 25 Juli 2017, Banjarmasin – Batam tanggal 2 Agustus 2017, Banjarmasin – Makassar, serta Banjarmasin – Semarang tanggal 29 Oktober 2017.

Untuk program-program pelayanan yang telah dilakukan diantaranya penyelenggaraan thematic event yang mempromosikan kebudayaan Kalsel, pameran lukisan, museum, pertunjukan music panting, penyediaan fasilitas internet corner, reading corner, hingga pembenahan fasilitas pengguna jasa mulai perluasan area parkir dan lainnya.

Program-program keselamatan tak kalah mendapat prioritas mulai dari pemeriksaan runway hingga pelatihan penanggulangan keadaan darurat yang diselenggarakan rutin. Pelayanan informasi terhadap publik juga menjadi prioritas oleh karenanya Bandara Syamsudin Noor senantiasa meningkatkan interaksi dan komunikasi mulai dari website hingga media sosial.

Terkait realisasi progress proyek hingga 29 Oktober sebesar 8,7% untuk pekerjaan insfrastruktur, bangunan penunjang, dan perluasan apron (paket 2) berupa land clearing, stripping, dan urugan tanah.

Tak hanya pelayanan-pelayanan terhadap pengguna jasa serta publik, program-program pengembangan masyarakat juga tak kalah mendapat perhatian. Hingga tahun 2016 sudah ada 1.164 mitra binaan dengan dana pinjaman kemitraan mencapai 23,8 milyar rupiah. Untuk program kemitraan dan bina lingkungan tahun 2017 ini rencananya akan menyalurkan pinjaman kemitraan sebesar 2,1 milyar rupiah dan hibah bina lingkungan sebesar 980 juta rupiah untuk masing-masing 8 sektor mulai dari bantuan pendiidkan, pelatihan, sarana dan prasaran umum, hingga pengentasan kemiskinan. (Humas BDJ)