EN ID

Waspadai Penipuan Berkedok Lowongan Pekerjaan Angkasa Pura Airports

26 Jul 2019

Kembali ke List


JAKARTA, 22 Februari 2018 - Angkasa Pura Airports kembali menghimbau masyarakat luas untuk berhati-hati terhadap aksi penipuan berkedok lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan perusahaan yang akhir-akhir ini kembali marak terjadi. Selain melalui iklan lowongan kerja di internet, pengumuman lowongan pekerjaan di Angkasa Pura Airports juga marak tersebar melalui broadcast Whatsapp dan e-mail.

Modusnya, pelaku menginformasikan adanya lowongan pekerjaan dengan mencantumkan alamat email gratisan (biasanya menggunakan gmail/yahoo) sebagai alamat pengiriman lamaran. Selanjutnya, berdasarkan email-email yang telah masuk tersebut, pelaku akan menghubungi calon pelamar, yang menginformasikan bahwa calon pelamar harus mengikuti tes (biasanya berlokasi di luar Jakarta, misalnya Bali. Alamat lokasi tes yang dipakai juga palsu, sedangkan tesnya sendiri pun nantinya tidak akan pernah diadakan). Di email tersebut juga disebutkan bahwa calon pelamar harus melakukan reservasi tiket pesawat/hotel kepada biro perjalanan fiktif. Dari sinilah penipu tersebut mengeruk keuntungan, yaitu dari uang yang ditransfer oleh calon pelamar untuk memesan tiket pesawat/hotel.    

“Dalam setiap proses rekrutmen, Angkasa Pura Airports tidak pernah menerapkan sistem refund atau penggantian biaya transportasi maupun akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan seleksi calon karyawan. Oleh karena itu, masyarakat perlu hati-hati terhadap informasi rekrutmen yang mengatasnamakan Angkasa Pura Airports. Angkasa Pura Airports hanya menginformasikan pengumuman rekrutmen melalui situs resmi korporat di www.ap1.co.id atau melalui media massa yang kredibel,” kata Corporate Secretary Angkasa Pura Airports Israwadi.

Oleh karena itu, beberapa hal yang harus diperhatikan bagi para pelamar kerja di antaranya adalah:

1.Angkasa Pura Airports tidak bekerjasama dengan pihak manapun, termasuk biro perjalanan (travel agent) untuk program rekrutmen.

2.Angkasa Pura Airports mengumumkan proses rekrutmen melalui situs www.ap1.co.id dan media massa yang kredibel.

3.Angkasa Pura Airports tidak memungut biaya apapun dalam proses rekrutmen.

4.Masyarakat diharapkan berhati-hati dengan modus penipuan yang memanfaatkan program rekrutmen Angkasa Pura Airports.

5.Masyarakat diharapkan melakukan pengecekan melalui website resmi Angkasa Pura Airports yaitu www.ap1.co.id atau Contact Center Bandara 172, yaitu telepon 172, Twitter @angkasapura172 dan email cc172@ap1.co.id.

Angkasa Pura Airports akan menindak tegas segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan perusahaan. Masyarakat dimohon agar selalu waspada, melakukan konfirmasi, atau melaporkan segala bentuk indikasi penipuan melalui Contact Center Bandara172 di nomor telepon 172.

Keatas